Berita

Plt Walikota Medan Dukung Penuh Swf Berdayakan Istri Nelayan

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri senam aerobik massal bersama ribuan wanita kreatif yang digagas Sumatera Women Foundation (SWF) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/12). Selain memperingati Hari Ibu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberdayaan terhadap istri para nelayan dengan menjadikan buah dan daun tanaman mangrove menjadi bahan makanan sehingga memiliki nilai ekonomis.

Didampingi istri tercinta sekaligus Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani, Eldin menilai kegiatan yang dilaksanakan SWF ini sangat positif dan harus didukung penuh. 

Selain mendorong kaum perempuan untuk hidup sehat dan gemar berolahraga, pemberdayaan yang dilakukan itu sangat membantu menambah penghasilan para nelayan. Apalagi makan yang berasal dari daun dan buah mangrove telah dipasarkan SWF ke sejumlah negara.

Inilah kegiatan yang dilakukan pemerintah bersama dengan stake holder untuk membantu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Sebab, tidak semua bisa dilakukan pemerintah dalam menaggulanginya Untuk itulah melalui tangan-tangan stake holder seperti inilah, pemerintah bisa membantu dan menjembatani program-program dalam pemberdayaan perempuan, khususnya pada perayaan Hari Ibu hari ini, kata Eldin.

Atas dasar itulah Eldin sangat mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan SWF. Berkat pembinaan dan bimbingan yang mereka lakukan selama ini terhadap istri para nelayan, tanaman bakau saat ini tidak semata hanya dijadikan tanaman untuk mengantisipasi terjadinya abrasi.

Pasalnya, daun dan buah mangrove bisa dijadikan makanan ringan seperti keripik, selai dan jamu. Dengan demikian ketika ditinggal suami melaut, para istri pelaut bisa menambah penghasilan dengan mengolah daun dan buah mangrove sehingga memiliki nilai ekonomis.

Karenanya Eldin mengatakan Pemko Medan akan mendukung kegiatan ini , sekaligus mengajak seluruh stake holder yang ada untuk saling bergandengan tangan membantu warga kurang mampu dan hidup dalam kekurangan. Jika seluruh stake holder memberikan dukungan, mantan Sekda Kota Medan ini yakin upaya Pemko Medan untuk meningkatkan taraf kehidupan warganya dapat diwujudkan Jadi saya berharap melalalui even ini, seluruh stake holder lainnya termotivasi dan mengikuti apa yang telah dilakukan SWF, harapnya.

Presiden SWF Ade Nova Zein SH menjelaskan, kegiatan yang mereka lakukan ini sebagai bentuk kampanye sosial yang diberikan kepada para istri nelayan. Hal itu dilakukan untuk menghormati sekalgus memberikan prestasi kepada istri-istri nelayan yang selama ini sudah banyak memberikan masukan dan segala sesuatu yang berguna menyemangati parasuaminya. Dia berharap acara ini menjadi pioneer dan terus dilakukan secara continue.

Untuk itu kita minta dukungan penuh Wali Kota, sehingga kegiatan seperti ini dapat terus berjalan di samping itu SWF pun siap memasarkan hasil produk istri nelayan. Guna mendapatkan hasil produk yang bermutu dan berkualitas, SWF akan terus melakukan pembinaan terhadap para istri nelayan, ungkap Ade.

Usai memberikan sambutan, Eldin bersama istri sempat aerobik bersama dengan ribuan wanita kreatif. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan asuransi kepada tiga orang istri nelayan dari Belawan yaitu Suryani, Isna dan Aisyah. Selanjutnya SWF memberikan penghargaan kepada Eldin sebagai Bapak Peduli Istri Nelayan atas kepedulian dan perhatian yang diberikannya selama ini kepada para istri nelayan.

Acara ditutup dengan penandatanagan spanduk yang akan berisi 10.000 cap tangan wanita kreatif dan istri nelayan

sumber gambar: antarasumut.com



0 Komentar


Leave a comment
Contact us

Alamat: JL. Ibus Raya no. 131 (Petisah) Medan

Telepon: 061-4576234

Fax: 061- 4576234

Polling
Apa alat kontrasepsi yang biasa anada gunakan
IUD
Implant
Pil
Kondom

→ Lihat Hasil Poling
Galery