Berita

Plt Walikota Medan Buka Acara Orientasi Petugas Pendataan Keluarga

Data dan Informasi Hasil Pendataan keluarga ini selain digunakan untuk keperluan Operasional Program Keluarga Berencana Nasional, juga data ini dapat dipergunakan untuk sector pembangunan lainnya, khususnya untuk menentukan sasaran program dukungan pemberian bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Hal ini disampaikan Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Medan Pulungan Harahap,SH MSi pada saat membuka acara kegiatan Orientasi Petugas Pendataan Keluarga, Kamis ( 4/7/2013) di Futra Mulia Hotel Jalan gatot Subroto.

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa data dan informasi yang diperoleh program dari hasil pendataan keluarga selama ini mempunyai ciri yang unik sebagai milik masyarakat. Karena pengumpulan dan pemutakhiran dilakukan oleh kader dari masyarakat itu sendiri, pendataan cukup rinci yang merupakan bagian dari operasional program Keluarga Berencana Nasional, dan dapat dipertanggungjawabkan salaing melengkapi dengan data lain yang ada di tingkat lingkungan / kelurahan.

Dikatakannya, Mengingat betapa pentingnya pengetahuan yang akan diperoleh dari kegiatan orientasi kader pendataan ini untuk pendataan keluarga yang dimulai tanggal 1 Juli sampai tanggal 30 September 2013 (3 bulan) serentak di kota Medan.

Saya mengharapkan bantuan konsentrasi dan peran aktif para peserta orientasi dalam menyerap berbagai cara tekhnis pengisian formulir pendataan keluarga , agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan penulisan data dalam perekapan hasil pendataankeluarga ditingkat RT,Lingkungan sampai Kecamatan.

Sehingga hasil data pendataan keluarga tersebut benar-benar akurat dan dipercaya terlebih d ata keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera satu yang menjadi sasaran program Keluarga Berencana (KB) di Kota Medan� ujar Pulungan.

Ir.Hj.Asrah FM Harahap,MM selaku Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Medan dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan orientasi pendataan keluarga ini untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan para peserta sebagai petugas pelaksana pendataan dan pengelola program Keluarga Berencana tahun 2013 untuk mendapatkan data yang akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan ini diikuti 200 orang dari 21 Kecamatan dengan dua angkatan. Angkatan pertama, Kamis tanggal 4 Juli diikuti 100 orang kader pendataan tingkat Kecamatan, tingkat kelurahan dan Tingkat Lingkungan, dan angkatan kedua, jumat 5 juli diikuti 100 orang juga dari kader pendataan tingkat yang sama.

Sementara nara sumber Kepala Bidang Adpin BKKBN Provsu Drs.Rosmawati, Kabid Ketahan Keluarga Badan PP dan KB Kota Medan Drs Azhar, dan Kabid KB dan KR Badan PP dan KB kota Medan Sugiono S.Sos. Materi yang disampaikan oleh nara sumber antara lain Kebijakan dan Pedoman Pelaksanaan pendataan Keluarga dan Pemutahiran data keluarga tahun 2013, Mekanisme /petunjuk pelaksanaan pencatatan dan pelaporan pendataan keluarga kota Medan tahun 2013, dan tata cara /teknis pengisian formulir pendataan dan pemutakhiran data keluarga.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan



0 Komentar


Leave a comment
Contact us

Alamat: JL. Ibus Raya no. 131 (Petisah) Medan

Telepon: 061-4576234

Fax: 061- 4576234

Polling
Apa alat kontrasepsi yang biasa anada gunakan
IUD
Implant
Pil
Kondom

→ Lihat Hasil Poling
Galery